Dalam melakukan pertolongan, kecepatan bukanlah yang utama. Ketepatan yang didasari oleh keselamatan adalah unsur yang harus diutamakan. Hal yang perlu diingat saat melakukan pertolongan di air, penolong tidak harus menjadi basah. Prinsip utamanya adalah menolong dengan teknik se-aman mungkin bagi penolongnya.

Metode pertolongan di air adalah tahapan atau langkah untuk memudahkan para penolong mengingat bagaimana cara menghadapi ketika terjadi kecelakaan di air. Agar mudah diingat metode ini ditata secara berurutan dari tindakan dengan resiko paling kecil hingga langkah pertolongan dengan resiko paling besar. Metode ini sering juga dikenal dengan metode RTRGT yang merupakan singkatan dari reach, throw, row, go, dan tow. Metode ini telah terbukti dan merupakan cara penyelamatan paling efektif dalam memberikan pertolongan kepada korban yang terancam dari bahaya tenggelam.

1. Reach
Metode reach adalah metode yang paling aman dilakukan oleh penolong. Reach dapat dilakukan dari daratan tanpa harus masuk ke dalam air, sehingga metode ini dapat dilakukan oleh penolong yang tidak bisa renang sekalipun. Pada metode ini penolong meraih/menjangkau korban yang tenggelam dengan menggunakan benda yang ringan dan panjang seperti: tongkat, galah, dan kayu; anggota tubuh penolong; atau pun dengan rantai manusia (dalam kasus air dangkal). Namun kelemahan dari metode reach ini adalah hanya mampu menggapai korban yang berada di tepi saja.

2. Throw
Metode throw hampir sama dengan metode reach, metode ini sama-sama aman bagi penolong dan dapat dilakukan dari daratan. Metode throw ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu (1) melempar benda apung yang sudah terikat dengan tali, kemudian menarik korban dengan alat tersebut, (2) melemparkan benda yang dapat terapung tanpa menggunakan tali, kemudian membiarkan korban berenang dengan alat apung tersebut menuju ke tepi. Alat apung yang sering digunakan pada metode ini yaitu ring buoy, throwing bag, rescue tube, dan benda lain yang dapat mengapung.

3. Row
Metode row ini adalah metode yang digunakan ketika metode reach dan throw tidak dapat lagi digunakan. Metode ini menggunakan akses pertolongan seperti perahu karet, kano, ataupun perahu kecil lainnya untuk dapat menjangkau korban, kemudian menggunakan metode reach dan throw untuk menolong korban. Jika sudah dapat menjangkau korban, sebelum menaikkan korban ke atas perahu, pastikan perahu yang digunakan dalam keadaan seimbang

4. Go
Metode ini adalah pilihan terakhir yang harus dilakukan karena ketidaktersediaan alat yang dipergunakan untuk mendekati korban dan posisi korban jauh atau berada di tempat yang tidak mungkin menggunakan perahu. Metode ini mengharuskan penolong untuk melakukan penyelamatan secara langsung, dengan berenang menuju korban dan membawa alat apung yang akan diberikan kepada korban. Setelah berhasil memberikan alat apung kepada korban, penolong dapat kembali ke tempat yang aman atau menuju tempat yang  aman bersama-sama dengan korban.
Tujuan dari metode ini adalah untuk memberikan alat apung kepada korban sehingga dapat membuat korban tetap mengapung sampai bantuan lain datang. Kelemahan dari metode ini adalah tingkat keberhasilannya tergantung dari tingkat kesadaran korban, apabila korban tidak sadar maka metode ini tidak dapat dilakukan

5. Tow
Metode tow adalah metode yang paling tinggi resikonya bagi penolong karena penolong harus kontak langsung dengan korban. Untuk menghindari resiko yang besar dan tidak diinginkan, penolong harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan bertahan dan melepaskan diri (Defend and Release).
Pada metode ini penolong berenang menuju korban kemudian membawa korban ke tempat yang aman dengan melakukan kontak langsung dengan korban. Metode ini dilakukan apabila metode reach dan throw tidak bisa dilakukan; tidak terdapat perahu karet; posisi korban tidak dapat dijangkau dengan perahu; atau korban letih, cedera, dan tidak sadarkan diri.


References :

  1. https://prezi.com/w_qj26alpd5u/copy-of-water-rescue/
  2. http://scoutermom.com/6330/water-rescue-techniques/
  3. http://www.wikihow.com/Save-an-Active-Drowning-Victim