TRIVIA 100 | Uitemate : Tenang, Mengapung, Menunggu

by | Oct 9, 2018 | Trivia | 0 comments

Dalam keadaan darurat, kita dapat melakukan teknik Uitemate agar tidak tenggelam. Uitemate merupakan suatu teknik yang dikemukakan oleh salah satu profesor dari Universitas Teknologi Nagaoka Jepang yaitu Saito Hidetoshi untuk bertahan hidup di air. Teknik Uitemate berasal dari 2 kata dalam bahasa jepang yaitu ‘uite’ yang berarti mengapung atau mengambang dan ‘mate’ yang berarti menunggu sehingga Uitemate dapat diartikan sebagai teknik bertahan hidup dengan cara mengapung dan menunggu. Konsep Uitemate ini sangat sederhana namun efektif untuk dilakukan.

Pada kebanyakan kasus, ketika seseorang terjebak di perairan dalam, ia akan mempertahankan dirinya pada posisi vertikal ( tegak lurus) secara spontan. Orang tersebut akan mengusahakan sekuat tenaga agar kepalanya tetap berada di atas permukaan air. Sementara itu, seluruh tubuh lainnya berada di bawah permukaan air, sambil terus-menerus mengepakkan kaki dan tangan supaya tidak tenggelam. Benar begitu, bukan?

Sehebat-hebatnya seseorang berenang, mengambang di perairan dalam secara vertikal dengan kaki yang terus dikepakkan selama belasan jam, pasti akan berujung pada kelelahan dan kemudian akan tenggelam jika tidak segera mendapat pertolongan. Menurut Prof. Saito, tindakan ini merupakan tindakan yang kurang tepat. Prof Saito mengemukakan bahwa tindakan yang tepat adalah melakukan teknik Uitemate sambil menunggu bantuan datang. Teknik temuannya tersebut dapat dikatakan sebagai teknik yang efektif, sederhana, tidak memerlukan banyak tenaga, dan telah terbukti berhasil menyelamatkan nyawa banyak orang.

 

Untuk belajar teknik Uitemate terdapat beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan yaitu :

  1. Tenang dan santai

Apabila Anda telah terjun ke dalam air, hal yang pertama perlu untuk dilakukan adalah bersikap tenang. Jangan panik, panik hanya akan membuat Anda semakin tenggelam.

2. Rentangkan tangan dan kaki

Jika terdapat botol kosong di dekat Anda, gunakan botol tersebut untuk didekap di atas dada Anda. Hal ini akan membantu proses mengapung.

3. Pandangan menatap ke atas

Untuk melancarkan sistem pernafasan Anda, Anda harus memposisikan wajah dan pandangan mata menatap ke atas kemudian bernafas seperti biasa.

4. Teknik jika memakai sepatu

Biarkan sepatu Anda tetap terpasang karena berat sepatu tersebut akan Anda membantu mengapung.

5. Botol kosong

Tidur terlentang di air sambil merentangkan tangan dan kaki dengan bersikap setenang mungkin. Kurangi gerakan-gerakan yang bisa membahayakan diri Anda.

Demikian tips dan trik untuk bertahan di perairan agar tidak tenggelam dengan menggunakan teknik Uitemate yang sangat sederhana. Jangan takut tenggelam lagi ya sobat! Anda hanya butuh tenang, mengapung, dan menunggu, Sampai jumpa di trivia selanjutnya!