TRIVIA 101 | HEAT STROKE

by | Nov 10, 2018 | Trivia | 0 comments

Pernahkah Anda mendengar tentang Heat stroke?Bagaimana gejala dari heat strokedan cara menanganinya? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

Heat strokeatau yang biasanya disebut sengatan panas adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh meningkatnya suhu tubuh menjadi lebih dari 40°C. Heat strokeharus ditangani sesegera mungkin. Apabila dibiarkan, heat strokedapat menyebabkan kerusakan pada otak, jantung, ginjal, dan otot bahkan sampai menyebabkan kematian.

Adapun gejala-gejala heat strokeyang harus diketahui dan diwaspadai :

  1. Temperatur tubuh sangat tinggi (hiperpireksia)
  2. Kulit kemerahan, panas, dan tidak ada keringat
  3. Pasien bingung dan gelisah
  4. Pasien mungkin kehilangan kesadaran
  5. Mulut kering
  6. Mual, muntah disertai hilang nafsu makan
  7. Kadang disertai kejang

Ketika kita bertemu dengan orang yang terkena heat stroke, kita harus segera menghubungi bantuan medis. Selagi menunggu bantuan, kita juga dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara sebagai berikut :

  1. Menurunkan suhu tubuh korban, Menurunkan suhu tubuh korban bisa dilakukan dengan cara memindahkan korban ke tempat yang lebih sejuk, Melepas pakaian-pakaian yang berlebih (misalnya jaket), memberikan kompres dingin pada bagian ketiak, leher, dan punggung
  2. Beri korban minum, jika memungkinkan
  3. Tidur dengan posisi miring dengan kaki sedikit ditinggikan ± 30 cm

Selain itu, terjadinya heat strokedapat dicegah dengan melakukan  “A P D”, yaitu

A

AKTIVITAS di DALAM RUANGANdan ber AC saat cuaca sedang  tinggi

P

PAKAI PAKAIAN yang TIDAKtebal, ketat, dan berwarna gelap

D

PAKAI PAKAIAN yang TIDAKtebal, ketat, dan berwarna gelap

Nah… udah bertambah 1 ilmu lagi nih sobat Trivia! Semoga dengan adanya trivia ini, kita menjadi bisa menangani dan mencegah terjadinya heat stroke ya! Sampai jumpa di Trivia selanjutnya

SUMBER :

  1. Mayo Clinic. (2017). Heatstroke – Symptoms and causes. [online] Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heat-stroke/symptoms-causes/syc-20353581 [Accessed 1 Aug. 2018].
  2. Buku Panduan Medis Tim Bantuan Medis Janar Dūta
  3. Nazario, B. (2014). Heat Stroke: Symptoms and Treatment. [online] WebMD. Available at: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/heat-stroke-symptoms-and-treatment#2 [Accessed 1 Aug. 2018].
  4. Quamila, A. (2017). Ketahui Gejala Heat Stroke dan Cara Mengatasinya • Hello Sehat. [online] Hello Sehat. Available at: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-menolong-korban-heat-stroke-sengatan-panas/ [Accessed 1 Aug. 2018].