TRIVIA 103 | JOGGING

by | Jan 10, 2019 | Trivia | 0 comments

Pernahkah Anda mendengar tentang jogging? Atau Anda termasuk salah satu dari penggemar jogging?Joggingmerupakan olahraga yang sederhana namun memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui manfaat jogginglebih lanjut

      Joggingmerupakan salah satu olahraga yang sangat populer di kalangan masyarakat. Aktivitas olahraga ini dapat dilakukan pada pagi, siang, sore, maupun malam hari. Banyak orang mendefinisikan joggingsebagai aktivitas lari kecil atau lari santai. Dr. George Sheehan, pakar joggingmengatakan bahwa joggingmemiliki arti sebagai aktivitas berlari dengan kecepatan di bawah 6 mil/jam atau sekitar 9,7 km/jam. Olahraga yang cukup populer ini dilakukan oleh banyak orang untuk menjaga kesehatan tubuh. Cukup dengan berbekal niat atau kemauan, joggingdapat menjadi olahraga yang sederhana, tidak mengeluarkan biaya dan hanya memerlukan perlengkapan pribadi seperti sepatu lari.

Joggingmemiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari baik kesehatan fisik ataupun kesehatan mental. Beberapa manfaat kesehatan fisik yang dapat dirasakan yaitu :

  1. Memperbaiki kualitas tidur, Melakukan joggingsecara rutin dapat mempercepat waktu tidur dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
  1. Membakar kalori dalam tubuh, Joggingyang termasuk dalam olahraga kardio akan mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat membakar kalori dengan efektif.
  1. Meningkatkan kesehatan jantung, Joggingdapat mengurangi endapan kolesterol yang terlalu lama di dalam darah sehingga dapat mengurangi risiko gangguan peredaran darah dan menjaga kebugaran jantung.
  1. Kulit lebih cerah, Kulit akan terasa lebih cerah karena peredaran darah yang menjadi lancar dengan melakukan jogging.
  1. Memperkuat nafas, Joggingakan melatih sistem pernapasan sehingga dapat menjadi lebih kuat dan mengurangi rasa sesak nafas.

Selain memberikan manfaat bagi tubuh manusia, joggingjuga memberikan manfaat pada kesehatan mental, antara lain :

  1. Menambah semangat di awal hari, Melakukan joggingdi pagi hari dapat menambah kebugaran fisik, ketenangan pikiran, memperbaiki moodkita sehingga menjadi semangat dalam menjalani hari.
  1. Meningkatkan rasa percaya diri, Joggingdapat membuat tubuh terlihat lebih ideal sehingga menjadikan kita semakin percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.
  1. Meningkatkan produktivitas kerja, Melakukan joggingakan membantu kita untuk memiliki konsentrasi yang tinggi. Dengan demikian, konsentrasi tinggi akan membuat pekerjaan menjadi lebih produktif dan efisien.
  1. Menghindari stress, Joggingdapat memberi kesehatan bagi jiwa kita dengan memberikan rasa nyaman dan tenang saat melakukannya. Selain itu, joggingdapat dilakukan sambil mendengarkan lagu, bercerita ataupun bercanda dengan orang lain.

Gimana sobat Trivia…. banyak banget kan manfaat dari jogging? Yuk tunggu apalagi, ayo kita mulai budaya hidup sehat dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging. Sampai jumpa di trivia selanjutnya!

SUMBER :

  1. Better Health. (2013). Running and jogging – health benefits. [online] Available at: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/running-and-jogging-health-benefits [Accessed 2 Aug. 2018].
  2. Braverman, J. (2018). The Effects of Jogging Every Day. [online] LIVESTRONG. Available at: https://www.livestrong.com/article/531257-the-effects-of-jogging-every-day/ [Accessed 2 Aug. 2018].