TRIVIA 118 | PILIH HIKING ATAU TREKKING?

by | Feb 24, 2020 | 0 comments


Hiking Vs Trekking

Untuk kalian para pecinta alam, pasti pernah mendengar istilah hiking dan trekking. Beberapa orang mengganggap hikingadalah sinonim dari trekking, dan sebaliknya. Walaupun sama-sama berkaitan dengan kegiatan alam terbuka, kegiatanhiking dan trekking itu sebenarnya tidaklah sama. Dari prinsip saja bisa berbeda.

Hiking dan trekking merupakan kegiatan outdoor dimana kalian akan melakukan perjalanan sambil menikmati berbagai keindahan alam dan tentunya dapat menyehatkan tubuh. Hiking berasal dari kata benda dalam bahasa inggris yaitu hikeyang memiliki arti perbedaan suatu medan ketinggian tanah atau sering disebut menanjak. Trekking berasal dari kata kerja Bahasa Inggris trek yang memiliki arti sebuah pertualangan yang menantang atau sulit.

Adapun cara untuk membedakan hiking dengan trekking yaitu :

  1. Berdasarkan waktu

Lama waktu yang diperlukan untuk dapat melakukan hiking relatif lebih singkat dibanding trekking. Lamanya waktu melakukan trekking disebabkan jalur yang lebih panjang dibanding hiking, dan waktu yang dibutuhkan untuk menghdapi bentuk topografi medan.

Hiking sendiri dapat ditempuh kurang dari satu hari yang berkisar 2 hingga 8 jam (tidak termasuk berhenti henti) sedangkan waktu melakukan trekking sulit diprediksi, bisa sehari, hingga dapat mengginap berminggu minggu.

 

  1. Berdasarkan jalur penjelajahan

Jalur yang dialui oleh hiking adalah jalur resmi, atau jalur yang sudah ada atau pernah dibuat seblumnya. Sedangkan trekking memiliki rute perjalanan yang baru, belum ada petunjuk jalan atau tempat istirahat, serta sarana dan prasarana masih minim untuk dilalui. Sehingga trekking bisa dibilang membuka jalur baru yang memiliki resiko tersesat. Untuk hiking sendiri memiliki sedikit hambatan seperti bukit kecil yang dapat dilalui dengan berjalan. Sedangkan trekking membutuhkan keterampilan ekstra untuk merangkak dan memanjat dalam menghadapi medan yang nyaris tegak lurus atau terjal.

 

  1. Berdasarkan jarak tempuh

Setelah diperhatikan dari waku yang dibutuhkan untuk melakukan trekking, berbanding lurus dengan waktu yang menyebabkan hal tersebut. Hiking meiliki jarak sekitar kurang dari 40 km sedangkan trekking memiliki jarak perjalanan berkisar 40 km hingga ratusan kilometer.

 

  1. Berdasarkan segi persiapanya

Hiking tidak begitu memerlukan peralatan begitu banyak, hanya cukup mebawa pakaian set naik gunung, air dan makanan kecil. Trekking memerluhkan peralatan yang memumpuni seperti alat perkemahan, alat bertahan hidup (survival kits), perlengkapan hingga kemampuan navigasi, kondisi fisik yang prima dan persiapan mental yang lebih tinggi.

 

Hal terpenting dalam melakukan pendakian adalah prinsip Leave No Trace (tidak meninggalkan jejak), berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Perencanaan dan persiapan yang matang
  2. Berkemah dan berpergian di atas permukaan tanah yang tahan dan awet
  3. Buanglah kotoran dengan benar
  4. Simpanlah sampah yang dibawa
  5. Biarkan apa yang anda temukan
  6. Minimkan penggunaan api unggun, mengingat efeknya yang bisa membahayakan. Kalau masih ingin menyalakan api unggun, usahakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
  7. Tingkatkan kesadaran diri untuk bertanggung jawab selama melakukan perjalanan
  8. Perhatikan selalu kondisi anggota kelompok dan diri sendiri selama melakukan perjalanan di alam bebas

 

Sekarang, sudah tau kan perbedaan antara hiking dan trekking? Lain kali, jangan sampai salah ya. Nanti malu lho, ngaku-ngaku pecinta alam tetapi tidak bisa membedakan keduanya! Sampai jumpa di trivia selanjutnya untuk informasi yang tidak kalah menariknya!

 

Sumber :

Kurniawan, E. 2004. Panduan Mendaki Gunung Dalam Infografis. Tabloid Bola: Jakarta.

Extreme Action. Apa Sih Bedanya Hiking dan Trekking?. Diakses melalui :https://www.superadventure.co.id/news/3239/apa-sih-bedanya-hiking-dan-trekking/, [Pada Tanggal 20 Agustus 2019]

Monkeys and mountain adventure travel. Hiking vs Trekking vs Mountaineering: What’s The Difference?. Diakses melalui :

https://monkeysandmountains.com/hiking-trekking-mountaineering/, [Pada Tanggal 20 Agustus 2019]

HIking

 

Trekking