Trivia 98 | GEMPA vs TSUNAMI

by | Oct 9, 2018 | Trivia | 0 comments

Gempa bumi merupakan salah satu dari bencana alam yang sering terjadi dan membawa kerusakan di beberapa wilayah di Indonesia. Biasanya, setelah kedatangan gempa, kita secara spontan akan memikirkan tentang kedatangan Tsunami, benar begitu bukan? Memang gempa bumi dan tsunami merupakan hal yang saling berkaitan namun hal itu berbeda. Lalu apakah perbedaan dari kedua bencana tersebut? Lantas apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan diri dari bencana alam tersebut? Yuk kita simak artikel di bawah ini

GEMPA BUMI

Gempa bumi adalah peristiwa getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, akitivitas gunung api atau runtuhan batuan. Gempa bumi sering terjadi akibat letak dari Indonesia yang menjadi pertemuan tiga lempeng besar dunia, yaitu lempeng samudera Hindia-Australia, lempeng Pasifik, dan lempeng Sunda (Eurasia). Tiga lempeng tersebut memiliki pergerakan ke berbagai arah yang menyebabkan mereka saling berbenturan sehingga gempa bumi sering terjadi di Indonesia.

Gempa bumi dapat menyebabkan berbagai kerusakan akibat getaran bumi yang terasa keras. Adapun dampak-dampak yang dapat diakibatkan oleh gempa bumi antara lain, bangunan runtuh, perabotan tinggi dan berat jatuh, kaca jendela pecah, furnitur rumah mengalami kerusakan, dan lain-lain. Selain itu, gempa bumi juga dapat mengakibatkan pohon tumbang dan jatuhnya tiang listrik. Bahkan, tidak jarang gempa bumi dapat menimbulkan banyak korban jiwa akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Namun, jangan khawatir, terdapat beberapa tips dan trik untuk menyelamatkan diri saat terjadi peristiwa gempa bumi, yaitu :

  1. Jangan Panik

Kita tidak boleh panik, karena dapat menghambat dan membuat kita bingung untuk melakukan pengambilan keputusan dan penyelamatan diri

2. Bersembunyi di Triangle of life.

Pada saat terjadi gempa, kita tidak boleh bersembunyi ataupun menunduk di bawah meja agar tidak terjepit ataupun tertimpa apabila terdapat benda berat yang jatuh tepat di atas meja. Namun, berlindunglah di triangle of life. Triangle of life adalah suatu sudut di ruangan baik itu meja, tembok , lemari yang memiliki sudut siku-siku dengan lantai lalu terdapat sisi miring di depan sudut tersebut. Dalam ruangan triangle, meringkuklah seperti kucing, agar dapat berlindung di dalam ruangan segitiga atau triangle.

Triangle of life

3. Menuju Lapangan Terbuka

Apabila waktu dan kondisi memungkinkan, akan lebih baik jika kita keluar rumah dan mencari lapangan terbuka yang terhindar dari tiang listrik dan pohon.

TSUNAMI

Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak laut raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar laut akibat gempa bumi. Tsunami berasal dari bahasa Jepang dimana ‘tsu’ berarti lautan dan ‘nami’ berarti gelombang ombak. Gelombang ombak yang sangat besar ini terjadi karena adanya lempengan bumi yang saling bertabrakan di lautan sehingga membentuk palung. Palung tersebut menghisap air laut dalam jumlah yang besar, lalu ‘memuntahkannya’ kembali dengan tekanan yang sangat tinggi sehingga air laut tersebut mencapai daratan. Terdapat beberapa tanda tsunami yang harus kita waspadai, antara lain :

Diawali dengan gempa bumi

Suara gemuruh yang sangat keras

Penurunan air laut secara tiba-tiba setelah terjadi gempa bumi

Penurunan air laut secara tiba-tiba setelah terjadi gempa bumi

Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan diri dalam kejadian tsunami:

  • Peka terhadap tanda-tanda dan sirine peringatan Tsunami
  • Jauhilah daerah pesisir ataupun daerah yang berdekatan dengan laut secepat mungkin
  • Berpindah ke daerah yang lebih dalam, dataran yang lebih tinggi atau gedung tinggi yang stabil

Demikian beberapa tips dan trik dalam menghadapi gempa bumi dan tsunami. Semoga bermanfaat sobat Trivia! Sampai jumpa di Trivia selanjutnya

SUMBER :

  1. Haifani, A., M., 2008. Manajemen resiko bencana gempa bumi (studi kasus gempa bumi Yogyakarta 27 Mei 2008). SEMINAR NASIONAL IV. Pp. 285-294.
  2. Copp,D., 2006. The Triangle of Life. In Memorial of All Natural Disasters’.
  3. Stein , S., Geller , R., J., Liu, M., 2012. Why earthquake hazard maps often fail and what to do about it. Tectonophysics. 562, pp. 1-25.
  4. Subur I. Tanda-Tanda Munculnya Tsunami [Internet]. BPBD Bulelengkab. 2013 [cited 31 July 2018]. Available from: https://bpbd.bulelengkab.go.id/artikel/tanda-tanda-munculnya-tsunami-95