TRIVIA 123| Sering Disepelekan, Apakah Penting Menggunakan Masker?

by | Aug 8, 2020 | 0 comments

Sering Disepelekan, Apakah Penting Menggunakan Masker?

Apakah kamu termasuk orang yang selalu memakai masker mulut saat bepergian? Atau kamu tipe orang yang risih ketika menggunakan masker mulut? Nah, ada baiknya kamu membaca informasi mengenai manfaat dari penggunaan masker mulut di bawah ini!

Seperti yang kita ketahui, saat ini dunia sedang digemparkan oleh munculnya virus baru yang menyerang sistem pernafasan manusia, dan dikenal dengan nama penyakit COVID-19. Pada awalnya virus ini dikatakan hanya dapat ditularkan oleh hewan, namun ternyata virus ini lebih ganas dari yang dibayangkan. Penularan dari manusia ke manusia lainnya ternyata dapat terjadi melalui droplet atau air liur. Agar tidak mudah tertular virus atau menularkan virus yang ada di tubuh kita ke orang lain, kita disarankan untuk menggunakan masker mulut berupa masker medis atau masker kain. Gemparnya eksistensi virus ini sudah berlangsung lama, namun sampai kita sedang berada di era new normal ini, beberapa masyarakat meremehkan penggunaan masker walaupun sudah diwajibkan.

Sebelum COVID-19 ini muncul sebenarnya juga cukup banyak masyarakat yang menganggap memakai masker mulut tidak penting. Apa sih, pentingnya menggunakan masker mulut? Masker ini akan melindungi mulut juga hidung, sehingga bisa menghalangi virus yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, masker juga berguna untuk melindungi kita dari paparan polusi dan debu, terutama saat berkendara atau pada saat berada di transportasi umum. Maka dari itu, pengguna transportasi terbuka seperti pengendara motor disarankan menggunakan masker, minimal menggunakan masker kain.

Masker yang bisa digunakan masyarakat bebas adalah masker kain dan masker medis. Untuk masker kain sendiri, sudah banyak diperjualbelikan dan bisa diproduksi sendiri. Ada dua jenis masker mulut medis yang umumnya banyak digunakan secara bebas oleh masyarakat, yaitu masker bedah sekali pakai dan masker N95 yang bisa digunakan berulang kali. Masker bedah adalah masker yang bisa membantu memblokir butiran partikel besar. Selain itu, masker ini juga bisa mengurangi paparan air liur dan sekresi pernapasan dari pemakai ke orang lain. Lalu, bagaimana cara menggunakan masker ini? Caranya mudah, pertama, pasang masker menutupi hidung dan mulut, lalu kaitkan tali ke telinga. Kemudian, tarik bagian bawah masker sampai menutupi bawah dagu. Selanjutnya, tekan bagian atas masker pada bagian hidung, sehingga rapat dan nyaman dipakai.

Masker respirator atau masker N95 merupakan masker yang dibuat khusus untuk pernapasan. Masker ini berbeda dengan masker bedah, meski sama-sama didesain untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri, N95 dirancang secara pas menutupi area mulut dan hidung. Bukan hanya itu, masker ini juga dilengkapi dengan alat yang efisien untuk menyaring partikel berbahaya, bahkan dengan ukuran kecil sekalipun. Kode N95 menunjukkan masker ini bisa menyaring partikel PM 2.5 (particulate matter) hingga 95 persen. Nah, inilah sebabnya masker ini sering diandalkan untuk mereka yang bekerja meneliti di sekitar zat berbahaya atau saat menangani asap akibat kebakaran hutan. Lalu, bagaimana cara penggunaan masker ini? Langkah pertama letakkan masker di satu tangan, lalu tempelkan di atas mulut dan hidung dengan bagian depan di telapak tangan. Pastikan tepat di hidung dan mulut serta bagian bawah harus berada di bawah dagu. Lalu, pastikan hanya menyentuh bagian luar dan tepi masker agar tetap bersih. Setelah itu, tarik tali bagian bawah dan atas melewati kepala. Tali bagian bawah harus disesuaikan dengan leher dan tepat di bawah telinga. Setelah itu, tarik tali bagian atas dan letakkan di atas telinga. Sebenarnya penggunaan masker N95 dalam jangka waktu yang lama, lebih dianjurkan daripada penggunaan yang berulang-ulang (reuse). Sebab, penggunaan yang lama melibatkan sentuhan yang lebih sedikit, sehingga risiko penularan kontak lebih sedikit.

Penggunaan masker ini tidak boleh diremehkan sama sekali. Namun, kita juga jangan bergantung pada menggunakan masker. Tetap lakukan pencegahan lain seperti mencuci tangan dan tetap menjaga pola makan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan!

 

Sumber:

Health Hub, Ministry of Health Singapore (2018). When A Mask Is A Must

Centers For Disease Control And Prevention (2019) National Institute of Enviromental Health Sciences. Air Pollution

U.S Food & Drug Administration (2018). Mask and N95 Respirators.