Seminar Nasional 2024

Seminar Nasional TBM Janar Dūta 2024
“MARINE : Medical Updates on Travel Medicine with a Focus on Water Sport Emergencies”

Seminar Nasional Tim Bantuan Medis Janar Dūta merupakan program kerja tahunan TBM Janar Dūta berupa seminar oleh para ahli dengan berbagai topik mengenai kegawatdaruratan medis yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan serta kompetensi masyarakat umum pada skala nasional. Seminar Nasional Tim Bantuan Medis Janar Dūta pada tahun 2024 kembali hadir dengan tema “MARINE: Medical Updates On Travel Medicine with a Focus on Water Sport Emergencies”. Tema ini diangkat untuk menyelaraskan sekaligus memperkenalkan bidang keunggulan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yakni travel medicine yang terfokus pada kegawatdaruratan medis pada perairan.

Dengan membawakan tema berikut, Seminar Nasional Tim Bantuan Medis Janar Dūta menghadirkan pembicara yang sangat berkompeten dan ahli di bidangnya pada skala regional maupun nasional.
Materi pertama mengenai “Overview Emergencies in Travel Medicine” akan dibawakan oleh Prof. dr I Made Ady Wirawan, M.PH, Ph.D. Beliau merupakan guru besar tetap di Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Minat penelitian dan karya ilmiahnya terutama di bidang kesehatan perjalanan, kedokteran perjalanan, kesehatan penerbangan, kesehatan kerja, dan kesehatan global. Saat ini beliau adalah peneliti utama untuk Sistem Informasi dan Surveilans Kesehatan Perjalanan Terpadu di Destinasi (Proyek TravHeSID), dan juga inisiatif Bali Travel Health.

Materi kedua dengan topik “Marine Envenomation” akan dibawakan oleh pembicara nasional Dr. dr. Tri Maharani, M.Si. Sp.Em.. Beliau adalah satu-satunya dokter spesialis toksikologi ular berbisa di Indonesia. Beliau ikut mendirikan organisasi Remote Envenomation Consultancy Services (RECS) Indonesia pada 2015 serta Indonesia Toxinology Society (ITS). Saat ini, beliau bekerja sebagai Kepala Departemen Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit Umum Daha Husada, Kota Kediri, Jawa Timur. Beliau juga kini menjadi peneliti di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Materi ketiga yaitu “Common Emergency Cases in Surface” akan dibawakan oleh Dr. dr. Ida Ayu Eka Widiastuti, M.Fis., Sp.KL., Subsp.PH (K). Beliau merupakan Pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Kelautan (PERDOKLA) Dan Kolegium Kedokteran Kelautan Masa Bakti 2022 – 2025.

Materi keempat mengenai “Underwater Emergencies” akan dibawakan oleh Dr. Anita Devi, M.Sc. Beliau merupakan dokter spesialis hiperbarik dan penyelaman. Beliau memiliki pengalaman yang tinggi dalam menangani kasus-kasus decompression akibat penyelaman dan terapi hiperbarik.
Pembicara Seminar Nasional TBM Janar Duta 2024
🗓️ 21 Juli 2024
📍 Ruang A. A. Made Djelantik, Lantai 4, Gedung Barat Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Kampus Sudirman // Online melalui zoom meeting
⏰ 08.30 – selesai

Pendaftaran dapat melalui:

[KLIK DISINI] Pendaftaran Seminar Nasional TBM Janar Dūta 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Awin (Whatsapp)
Nadin (Whatsapp)